Obyek Wisata Dieng Yang Wajib Anda Kunjungi

Obyek Wisata Dieng, dan Tempat Terfavorit. rekomendasi pilihan tempat untuk Anda Kunjungi. Selain itu Juga Anda bisa Dengan mudah mendapatkan perjalanan terbaik dengan Cek Paket Wisata yang Tersedia. Pelajari Sekarang DISINI

24 Obyek Wisata di Dieng

24 Obyek Wisata di Dieng kami rangkum sebagai panduan agar anda tidak bingung memilih tujuan ketika berwisata ke Dataran Tinggi Dieng. Dieng menjadi salah satu Primadona wisata di Jawa Tengah. Dengan kawasan wisata yang luas, tak heran jika wisata di sini berkembang sangat pesat. Jika anda pernah atau sering ke Dieng, pasti sering kebeberapa obyek wisata berikut.

Di deretan pertama daftar Obyek wisata, ada 5 Obyek Wisata di Dieng yang baru dan lama yang masih eksis dan hits sampai sekarang. Dalam 24 Obyek Wisata di Dieng ada yang belum anda kunjungi bahkan baru anda ketahui. Yuk Kepoin 24 Obyek Wisata di Dieng Versi Futhaki Tour.

Batu Pandang Ratapan Angin

Primadona baru Dieng ini ada di atas bukit dengan tracking 200m, Batu Ratapan Angin berada di atas Dieng Plateau Theater. Dengan View Color Lake dan Telaga Pengilon, Batu Ratapan angin menjadi spot Foto paling Hits di Dieng. Mudahnya akses ke lokasi dan track yang tertata apik, anda bisa belajar tentang Pertanian di Dataran Tinggi Dieng yang ada di sisi-sisi Track. Masih di Area Batu Pandang Ratapan Angin, anda bisa mengekplor Spot Foto di sana, ada Jembatan Merah Putih, Spot Foto Balon Udara dan lainnya.

Bukit Seroja

Bukit yang dikelola Oleh Pokdarwis Desa “Maron”…!! ini juga menjadi salah satu Obyek Wisata baru dan Hits di Wonosobo. Bukit Cinta menyajikan pandangan yang luas ke Kota Wonosobo. dengan View di bawahnya telaga Menjer Memberikan Suasana alam yang Fresh. Bukit Seroja Berada di sisi atas Telaga Menjer, Pintu masuk Spot Wisata ini, ada di desa Tlogo. Setelah masuk loket anda bisa langsung Hunting Foto, karena banyak sekali Spot Foto yang ada di sana.

Cat Stone

Cat Stone adalah wahana Outdoor dengan Flying Fox dan Sepeda layangnya. Flying fox dengan panjang 360meter menjadi Flying Fox terpanjang di Jawa Tengah. Wahana Sepeda Layangnya juga menjadi wahana Spot foto yang Instagramable dengan background Kawah Sikidang dan langit biru Dieng. Wahana Cat Stone berada di Klompleks Dieng Plateau Theater memudahkan anda untuk ke Wahana ini.

D’Qiano

Siapa sangka di Dieng ada Wahana Air bernama D’Qiano. Unik nya Wahana Air ini disajikan dengan Air hangat dari panas bumi. Wahana kolam air hangat ini berada di desa kepakisan. Kalau belum tau tempatnya cukup buka map ya.

Bukit Sikunir

Dimana lagi anda akan menikmati Sunrise Terbaik di Asia Tenggara jika bukan di Bukit Sikunir? Bukit dengan Tracking 800m dari Parkir wisata Desa Sembungan, menyajikan Sunrise yang sangat memukau di musim panas. Dengan Golden Sunrise dan Lembayung langit indah, anda rasa capai anda akan langsung terbayar lunas. Ditambah lagi dengan lautan awan dan View Telaga Cebong seolah mengukuhkan Dieng dengan Sebutan Negeri di Atas Awan. Bukit ini dikelola dengan baik oleh PEMDES sembungan, baik pengelolaan Track menuju Bukit, Mushola dan Thoilet di atas bukit, memudahkan anda saat naik turun Bukit.

Obyek Wisata Favorit dan Sering Di Kunjungi

Telaga Warna

Telaga Vulkanik..!!! yang masih aktif hingga sekarang masih menjadi tujuan utama para wisatawan. Telaga Warna dengan Warna Khas Hijau yang terjaga kealamiannya, hingga sekarang masih menjadi tempat hits untuk berburu Foto yang Instagramable. Di sisi telaga Warna Ada jalan setapak untuk berkeliling, Jalan Setapak tersebut juga menjadi jalan utama menuju Kompleks Gua Semar yang berada si seberang Pintu masuk Telaga Warna. Kalau kreatif, anda tak akan kehabisan Spot Foto di Obyek Wisata Satu ini.

Telaga Pengilon

Telaga yang berdampingan dengan Telaga Warna ini. Mempunyasi pesona yang unik. Telaga Pengilon memiliki Sifat air yang berbeda dengan Telogo Warno yang bersifat Vulkanik. Sifat Airnya yang Murni membuat Telaga Pengilon seperti Cermin, Air yang seperti cermin ini menampakkan langit dan Bukit di seberang telaga dengan jelas seolah ada cermin besar di atas telaga.

Telaga Cebong

Telaga Cebong yang menjadi View dari atas Bukit Sikunir ini, akan menyambut anda saat turun dari Bukit Sikunir. Lokasinya yang berada tepat disisi Parkiran Bukit Sikunir Menjadi obat lelah anda setelah turun dari bukit. Sebelum anda meninggalkan Parkiran, anda bisa berkeliling mencari spot untuk istirahat melepas lelah. Di sisi Telaga Cebong ada Camp Ground bagi anda yang ingin menikmati Sensasi Camping di Pegunungan.

Kompleks Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna adalah Candi Peninggalan Hindu Tertua di Jawa Tengah. Berada di Dieng Kulon, Banjarnegara, Masih menjadi Tempat Favorit Wisatawan. Di dalam Kompleks Candi Arjuna anda akan menyaksikan 5 Candi Hindu yaitu, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Punthadewa, dan candi Sembadra. Mungkin Terdengar membosankan jika terbayang Kompleks Ini adalah Tempat Historikal, namun setelah masuk anda akan di manjakan dengan Pesona alam Dieng yang begitu asri. Perbukitan yang mengelilingi anda, Area Candi yang tertata rapi dengan rumput hijau, Cemara dan Bunga-Bunga. Akan membuat anda segera mengeluarkan kamera.

Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah salah satu Telaga di Kabupaten Wonosobo yang dimanfaatkan untuk PLTA. Namun Telaga ini tidak ditutup untuk umum, malah di manfaatkan keindahannya menjadi Obyek wisata air. Anda bisa menikmati Pesona Telaga dengan Perahu Gethek untuk Berkeliling. Pengelolaan yang baik dari Warga juga membuat Telaga ini menjadi Spot Foto yang kekinian.Telaga Menjer Berada di Desa maron Kecamatan Garung. Jarak dari Kota Wonosobo hanya 8km, Sebelum Pasar garung ada Gapura Di kiri jalan.

Gunung Prau

Bagi Pendaki Gunung, jangan bilang pernah ke Dieng Kalau Belum Pernah ke Gunung Prau. Gunung yang membentang panjang dari Dieng sampai Desa Patak Banteng ini, memiliki bukit yang menyerupai bukit Teletubies. Namun di Bukit Teletubiesnya Gunung Prau, terhampar luas bunga Daisy yang warna-warni. Dari Gunung Prau anda anda akan menikmati Sunrise dengan Background Gunung Sindoro dan Sumbing yang Menjadi Gambar Gunung kembar di Produk Air dalam Kemasan Ternama. Untuk Menuju Ke Gunung Prau anda harus Regristrasi di Basecamp Patak Banteng. Dengan Durasi pendakian 3 jam sampai Puncak anda bisa menggunakan jasa Guide Gunung dan Porter ketika Melakukan Regristrasi Di Base Camp Patak Banteng.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang bukan sekedar Kawah Vulkanik, di sini anda dimanjakan dengan Pesona alam yang mengelilingi area kawah. Setelah masuk ke area kawah anda bisa langsung hunting foto, banyak properti foto yang Instagramable di sana. Anda juga bisa mengambil Foto dengan background Perbukitan di sekitar area kawah sembari jalan kaki menuju kawah utama. Nah di kawah utama anda bisa mencicipi Telur Rebus Kawah sembari melihat aktifitas kawah dengan asapnya yang pekat. Untuk Menuju Ke Obyek Wisata ini, anda Cukup mengikuti Papan Petunjuk arah dari Pertigaan Masuk Dieng.

Dieng Plateau Theater

Sebuah Bioskop Kecil dengan kapasitas 100 tempat duduk, menayangkang segala hal tentang dieng. Mulai dari obyek wisata, Kebudayaan, Aktifitas Gunung Dieng dan lainnya disajikan dengan durasi 26 menit. Fieng Plateau Theater berjarak 500m dari Parkiran Telaga Warna. Sayang kan kalau tidak Di kunjungi.

Gardu Pandang Tieng

Bagi anda yang sedang menuju ke Dieng, Jangan lupa Transit di Gardu Pandang Tieng. Berada di jl. Dieng Km 19, anda bisa beristirahat dari kota asal menikmati View Gunung Sindoro dan perbukitan. Gardu ini juga menjadi Spot Sunrise bagi anda yang tidak ingin repot repot Tracking naik bukit.

Wisata Tidak Begitu Favorite Namun Rekomendasi Untuk diKunjungi..!!!

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkasa..!!! Adalah salah satu Candi dari Sekian banyak candi yang mudah di akses. Candi Aliran Hindu Siwa, menjadi Komplek candi setelah Komplek candi Arjuna. Ada Jalan Setapak yang terhubung langsung dari Kompleks Candi Arjuna atau bisa langsung menggunakan kendaraan untuk ke Candi ini.

Museum Kailasa

Museum Kailasa menyimpan batu-batu candi yang dianggap penting, museum ini bisa menjadi Wisata Edukasi tentang Percandian dan Budaya di Dieng. Lokasinya ada di sebrang Parkiran Candi Gathotkaca.

Taman Museum Kailasa

Di Museum Kailasa juga ada taman yang berada di sisi Bukit. Dari Museum Kailasa anda bisa naik ke taman ini untuk menikmati Dataran Tinggi Dieng dan bunga-bunga yang cantik untuk foto-foto.

Candi Bima

Satu-satunya candi Budha yang ada di Dieng, Candi Bima dengan ciri-ciri Ukiran Khas Candi Budha dan Archacudu yang ada di puncaknya. Candi yang berada di pertigaan Kawah Sikidang ini Cocok untuk Eksplorasi Peninggalan dan untuk istrahat.

Telaga Merdada

Telaga Merdada..!!! jarang dikunjungi Wisatawan, Padahal Telaga ini menyajikan Sisi alam yang lain di Dieng. Telaga yang berada di desa Karang Tengah ini cukup mudah di akses dengan mengikuti Papan Petunjuk arah di desa Karang Tengah.

Kawah Sileri

Kawah Terbesar di Dataran Tinggi Dieng ini adalah salah satu Kawah paling aktif. Penamaannya diambil dari air kawahnya yang seperti leri atau air rebusan beras.

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka..!!! dipercayai oleh rakyat sebagai tempat Gathotkaca menempa kekuatannya. Kawah ini berada di sisi atas desa Kepakisan.

Telaga Dringgo

Telaga ini juga disebut segabai kembarannya Ranu Kumbolo. Aksesnya satu jalan dengan Kawah Candradimuka, cocok bagi para Pendaki Gunung yang ingin meikmati Ranu Kumbolonya Dieng.

Sumur Jalatunda

Sumur Terbesar di Pulau Jawa..!!! ini memiliki Cerita Tersendiri. bagi yang bisa melempar batu sampai kesebrang maka keinginannya akan tercapai. Sumur ini Diyakini menyambung dengan Laut “Selatan”…!!!, Namun itu hanyakepercayaan rakyat sekitar Dieng. Namun Penelitan para ahli, Sumur ini adalah salah satu hasil dari aktifitas Vulkanik dari Gunung Dieng Zaman Purba. Sumur ini juga berada di desa Kepakisan.

Tuk Bimolukar

Sumur yang dipercaya dengan Mata Air awet muda tepat di Pintu Masuk Dataran Tinggi Dieng. Dahulu Tuk Bimalukar digunakan oleh Umat Hindu untuk mensukikan diri sebelum memasuki Percandian di dieng untuk Beribadah.

Itulah Obyek Wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng, anda juga bisa memilih paket wisata kami DISINI